Layanan Desain

Layanan Desain

Klik Iklan Ini

Jumat, 25 April 2014

STRATEGI ABDUKTIF-DEDUKTIF VERSUS DISPOSISI: BAGAIMANA PROSES BERPIKIR MATEMATIK MEMPENGARUHI SIKAP SISWA?


Ali Shodikin
Pendidikan Matematika, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia
aliandr4@gmail.com

Abstrak
Krisis karakter menjadi salah satu masalah yang tengah melanda negeri ini. Seringkali masalah ini dituding sebagai faktor pokok yang berperan dalam menimbulkan masalah-masalah lain. Pemerintah melalui pendidikan menjawab dilema yang dihadapi melalui perubahan kurikulum pendidikan menjadi Kurikulum 2013. Hal ini dikarenakan proses pendidikan yang berjalan seringkali melupakan kompetensi sikap siswa. Telah banyak upaya yang dilakukan termasuk pengembangan metode ataupun strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kompetensi siswa, namun masih menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Strategi abduktif-deduktif merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang dikembangkan dan telah diterapkan dalam menumbuhkembangkan kemampuan membuktikan dan mengatasi kesulitan memahami konsep dalam topik esensial matematika di tingkat mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi abduktif-deduktif telah menunjukkan kemampuan penalaran matematik yang lebih baik dalam setiap topik esensial matematika sekolah, demikian pula dalam kemampuan membuktikan. Strategi ini mewakili bentuk pembelajaran yang mengembangkan proses berpikir matematik. Strategi ini efektif dalam pengembangan kompetensi siswa. Namun, pertanyaan selanjutnya yang muncul “Bagaimana dampak pembelajaran dengan proses berpikir matematik (strategi abduktif-deduktif) terhadap sikap siswa? Apakah dampaknya sinergi dengan pengembangan kompetensi siswa?” Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini adalah fokus bahasan dalam artikel ini. Lebih jelas akan dijelaskan pula pengaruhnya dalam disposisi matematis.

Kata kunci: strategi, abduktif-deduktif, disposisi, sikap.

Artikel dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika, Jurusan Matematika, Universitas
Negeri Semarang, Semarang, 24 Oktober 2013.  ISBN: 978-602-14724-7-7

0 komentar:

Posting Komentar

Klik Iklan Ini

Tinggalkan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Blogger Templates | Modified by Ali Shodikin