Ali Shodikin
Pendidikan Matematika, Sekolah Pascasarjana,
Universitas Pendidikan Indonesia
aliandr4@gmail.com
Abstrak
Krisis karakter menjadi salah satu masalah yang tengah melanda
negeri ini. Seringkali masalah ini dituding sebagai faktor pokok yang berperan
dalam menimbulkan masalah-masalah lain. Pemerintah melalui pendidikan menjawab
dilema yang dihadapi melalui perubahan kurikulum pendidikan menjadi Kurikulum
2013. Hal ini dikarenakan proses pendidikan yang berjalan seringkali melupakan
kompetensi sikap siswa. Telah banyak upaya yang dilakukan termasuk pengembangan metode ataupun
strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kompetensi siswa, namun
masih menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Strategi abduktif-deduktif merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang dikembangkan
dan telah diterapkan dalam menumbuhkembangkan kemampuan membuktikan dan
mengatasi kesulitan memahami konsep dalam topik esensial matematika di tingkat
mahasiswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang memperoleh pembelajaran dengan
strategi abduktif-deduktif telah menunjukkan kemampuan penalaran matematik yang
lebih baik dalam setiap topik esensial matematika sekolah, demikian pula dalam
kemampuan membuktikan. Strategi
ini mewakili bentuk pembelajaran yang mengembangkan proses berpikir matematik. Strategi
ini efektif dalam pengembangan kompetensi siswa. Namun, pertanyaan selanjutnya yang
muncul “Bagaimana dampak pembelajaran dengan proses berpikir matematik (strategi
abduktif-deduktif) terhadap
sikap siswa? Apakah dampaknya sinergi dengan pengembangan kompetensi siswa?” Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini adalah fokus
bahasan dalam artikel ini. Lebih jelas akan dijelaskan pula pengaruhnya dalam
disposisi matematis.
Kata kunci:
strategi, abduktif-deduktif, disposisi, sikap.
Artikel dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika, Jurusan Matematika, Universitas
Negeri Semarang, Semarang, 24 Oktober 2013. ISBN: 978-602-14724-7-7
Negeri Semarang, Semarang, 24 Oktober 2013. ISBN: 978-602-14724-7-7
0 komentar:
Posting Komentar